Lenovo Vibe P1 Turbo Belum TKDN, Kok Bisa?

Category : Teknologi

Hai Sobat Wali Reload, gimana kabarnya hari ini ? Alhamdulillah ya kalau sehat semuanya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai “Lenovo Vibe P1 Turbo Belum TKDN, Kok Bisa?”.

Jakarta – Aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mengharuskan ponsel 4G yg dijual di Indonesia per Januari 2016 memiliki kandungan lokal 20%, dan berangsur naik menjadi 30% pada Januari 2017. Namun kata bos Lenovo Indonesia, Vibe P1 Turbo yg baru dirilis Januari 2016 ini belum wajib memenuhi aturan TKDN. Kok bisa?

Padahal Lenovo sendiri sebenarnya telah milik pabrik perakitan ponsel di wilayah Tangerang, Banten. Saat ini fasilitas tersebut digunakan Lenovo bagi merakit seri ponsel A2010 dan A6010 yg telah mendukung teknologi 4G. Pabrik ini juga yaitu jawaban Lenovo terhadap tantangan aturan TKDN.

Meski demikian Vibe P1 Turbo belum menjadi salah sesuatu bagian dari pabrik perakitan Lenovo tersebut. Adrie R. Suhadi, Country Head Smartphone Division Lenovo Indonesia beralasan, Vibe P1 Turbo telah lebih lalu didaftarkan sebelum aturan TKDN diketok palu.

“Sertifikasi (postel) Vibe P1 Turbo didapat sebelum aturan TKDN berlaku. Sehingga kita dapat memasarkan ponsel ini tanpa harus merakitnya di Indonesia, kalian masih mengimpornya,” jelas Adrie, di Thamrin Nine, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Namun ke depannya, Lenovo tidak menutup kemungkinan buat merakit Vibe P1 Turbo di Indonesia. Adrie mengatakan, seluruh kembali ke permintaan pasar dan tentunya juga regulasi pemerintah. “Kami melihat ke depannya (soal perakitan di Indonesia). Pokoknya kita mulai ikuti aturan yg berlaku,” imbuhnya.

Ponsel 3G Belum Habis

Seiring dengan berkembangnya teknologi 4G, Lenovo sendiri mulai lebih fokus pada ponsel yg telah mendukungnya. Tapi bukan berarti ponsel 3G ditinggalkan, Lenovo menyampaikan masih mulai ada varian ponsel 3G yg mulai selalu dipasarkan.

Menurut Adrie, pasar pengguna 3G masih cukup besar di Indonesia. Karena meskipun teknologi 4G akan digandrungi, masih cukup banyak wilayah yg cakupannya masih 3G. Atas dasar itu Lenovo masih mulai selalu mengimpor ponsel 3G ke Indonesia.

“Kami masih mulai memasarkan ponsel 3G karena pasarnya masih ada. Kami masih mulai melakukan impor (ponsel 3G),” jelas Adrie.

Tapi secara proporsi jumlah variannya tidak mulai sebanyak ponsel 4G. Adrie menyampaikan cuma menyiapkan sesuatu varian ponsel 3G bagi tahun 2016 ini. “(Ponsel) 4G mulai dominan buat 2016. (Ponsel) 3G hanya sesuatu model,” tandasnya.

(yud/ash)

Sumber: http://inet.detik.com

Gimana sob artikelnya tentang Lenovo Vibe P1 Turbo Belum TKDN, Kok Bisa?, Semoga bermanfaat untuk seluruh Sobat Wali Reload di seluruh Indonesia ya.

Avatar for Wali Reload

Author: 

Related Posts