Menkominfo Tanggapi Polemik Pencabutan Lisensi Pemenang Palapa Ring

Category : Teknologi

Hai Sobat Wali Reload, gimana kabarnya hari ini ? Alhamdulillah ya kalau sehat semuanya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai “Menkominfo Tanggapi Polemik Pencabutan Lisensi Pemenang Palapa Ring”.

Jakarta – Menkominfo Rudiantara akhirnya angkat bicara soal salah sesuatu peserta tender Palapa Ring yg sudah dicabut lisensi jaringan tetap tertutupnya, namun tetap diumumkan sebagai pemenang. Apa penjelasannya?

Seperti diketahui, Kominfo belum lama ini mengumumkan sudah mencabut izin 26 penyelenggaraan telekomunikasi di sepanjang 2015, baik jasa maupun jaringan, karena dinyatakan lalai dalam kewajiban pembangunan.

Satu di antaranya yg dicabut ternyata yaitu punya PT Sufia Technologies, pemenang tender Palapa Ring paket tengah dalam Konsorsium Pandawa Lima yg dipimpin oleh PT LEN.

“Di dalam konsorsium itu ada beberapa penyelenggara jarteltup. Yang sesuatu telah dicabut. Nah, katanya, sahamnya PT Sufia telah diserahkan ke konsorsium,” kata Rudiantara akan menjelaskan ketika ditemui di gedung Serbaguna Kominfo, Selasa (26/1/2016).

“Bisa saja perusahaannya tetap, tetapi sahamnya dibeli, tetapi statusnya bukan sebagai penyelenggara jaringan, hanya sebagai investor saja, dan itu boleh-boleh saja. Yang utama di konsorsium itu ada sesuatu penyelenggara jarteltup. Nggak beranilah bos kami main-main,” tegas menteri yg akrab disapa Chief RA ini.

Sebelumnya Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo Ismail Cawidu menjelaskan, sesuai penjelasan dari Ditjen Penyelenggaraan Pos Informatika bahwa posisi PT Sufia dalam konsorsium tak lagi sebagai penyelenggara telekomunikasi.

“Posisi penyelenggaran telekomunikasi dikerjakan oleh PT Multi Kontrol Nusantara sebagai penyelenggara jaringan tetap tertutup. Selanjutnya keberadaan PT Sufia diserahkan kepada konsorsium,” jelasnya.

Seperti diketahui Konsorsium Pandawa Lima terdiri dari PT LEN sebagai Ketua Konsorsium dengan komposisi 51%, PT Teknologi Riset Global Investama (TRG) dengan 34%, PT Sufia Technologies 5%, PT Bina Nusantara Perkasa (BNP) 5% dan PT Multi Kontrol Nusantara 5%.

(rou/ash)

Sumber: http://inet.detik.com

Gimana sob artikelnya tentang Menkominfo Tanggapi Polemik Pencabutan Lisensi Pemenang Palapa Ring, Semoga bermanfaat untuk seluruh Sobat Wali Reload di seluruh Indonesia ya.

Avatar for Wali Reload

Author: 

Related Posts