Telkom, Indosat, XL Tak Menang Palapa Ring, Ini Kata Menkominfo

Category : Teknologi

Hai Sobat Wali Reload, gimana kabarnya hari ini ? Alhamdulillah ya kalau sehat semuanya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai “Telkom, Indosat, XL Tak Menang Palapa Ring, Ini Kata Menkominfo”.

Jakarta – Tender proyek Palapa Ring buat paket pengerjaan sisi barat dan tengah menghasilkan kejutan karena tidak ada nama besar seperti Telkom, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata, sebagai pemenang. Menkominfo Rudiantara mengaku milik alasan kuat bagi itu.

“Pemenang tender ya nggak harus big player terus, tapi new player yg Indonesia. Karena ini kan jaringan tertutup,” jelas menteri yg akrab disapa Chief RA itu ketika ditemui di ruang serbaguna Kominfo, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

Menurutnya, karena ini cuma jaringan telekomunikasi tetap tertutup, investasinya tak sebesar jaringan bergerak seluler yg setiap tahunnya harus keluar uang setidaknya di atas Rp 10 triliun.

“Ini kan investasinya hanya tiga tahun pertama setelah itu operasi. Jadi beda, ini skalanya lebih kecil. Ini affirmative policy buat lokal, ya keberpihakannya di sini. Makanya dari awal harus Indonesia,” ujarnya.

“Asing ya boleh saja, tetapi mayoritas harus Indonesia. Dari awal aku bilang begitu. Sebetulnya kalau bicara telekomunikasi kalian sih 65% boleh asing. Tapi sekarang nggak lah,” papar Rudiantara lebih lanjut.

Seperti diketahui, dalam pengumuman sebelumnya, Kominfo menyatakan bagi paket barat dimenangkan oleh Konsorsium Moratel Triasmitra. Sementara bagi paket tengah dimenangkan oleh Konsorsium Pandawa Lima.

Paket barat menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000 km. Ditaksir nilai penngerjaan proyek ini sekitar USD 40,39 juta.

Konsorsium Moratel-Triasmitra terdiri atas PT Moratelematika Indonesia (Moratel) dengan kepemilikan saham 90% dan PT Ketrosden Triasmitra dengan kepemilikan saham 10%.

Dua perusahaan ini sebelumnya sudah menggarap pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Jakarta-Bangka-Batam-Singapura (SKKL B3JS).

Di bisnis pembangunan SKKL dan kabel optik, nama Moratel salah sesuatu yg diperhitungkan di industri selain Telkom. Moratel didirikan tahun 2000 oleh pengusaha Galumbang Menak Simanjuntak. Proyek perdana yg ditanganinya adalah membangun jaringan internasional Jakarta-Batam-Singapura melalui microwave dengan kapasitas 2xSTM-1.

Sementara bagi paket tengah yg dimenangkan konsorsium Pandawa Lima mulai mengerjakan infrasatruktur di wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kep. Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 km. Ditaksir nilai proyek ini USD 47,08 juta.

Pandawa Lima terdiri atas PT LEN sebagai Ketua Konsorsium dengan porsi kepemilikan 51%, PT Teknologi Riset Global Investama (TRG) dengan porsi kepemilikan 34%, sisanya PT Sufia Technologies, PT Bina Nusantara Perkasa (BNP), dan PT Multi Kontrol Nusantara dengan porsi kepemilikan di konsorsium masing-masing 5%.

Sejatinya, LEN dan TRG bukan nama baru di industri telekomunikasi. Keduanya pernah menjajal bagi membangun perangkat Broadband Wireless Access (BWA) dua tahun lalu.

Sekadar diketahui, Proyek Palapa Ring adalah proyek pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung serat optik nasional yg ditujukan demi pemerataan akses broadband di Indonesia.

Dalam proyek ini yg dilayani adalah daerah non-financially feasible dimana pemerintah berperan menyediakan penjaminan dan yaitu proyek Public Private Partnership (PPP) pertama di sektor telekomunikasi.

Target penyelesaian Proyek Palapa Ring pada akhir tahun 2018. Pada 1 Januari 2019 akan beroperasi sepenuhnya. Dengan masih terbukanya pengerjaan bagi paket timur, nama-nama besar seperti Telkom, Indosat Ooredoo, XL Axiata, masih mungkin jadi pemenang, atau bahkan, lagi-lagi jadi pecundang. (rou/ash)

Sumber: http://inet.detik.com

Gimana sob artikelnya tentang Telkom, Indosat, XL Tak Menang Palapa Ring, Ini Kata Menkominfo, Semoga bermanfaat untuk seluruh Sobat Wali Reload di seluruh Indonesia ya.

Avatar for Wali Reload

Author: 

Related Posts